UMKM, SDG’s1#Tanpa Kemiskinan#no poverty, SDG’s 4#Pendidikan berkualitas#quality education, SDG’s8#mendorong pertumbuhan ekonomi inklusif dan berkelanjutan, kesempatan kerja produktif serta kerja layak untuk semua
Lebih dari seratus peserta terpilih mengikuti UMKM Class Series yang diselenggarakan oleh Direktorat Pengabdian kepada Masyarakat UGM (DPkM) berlangsung pada 4 Juni 2024 di Ruang Multimedia 1, Gedung Pusat UGM. Dr. dr. Rustamaji, M.Kes selaku Direktur Pengabdian kepada Masyarakat memberikan apresiasi kepada para peserta pelaku UMKM, yang telah melalui kurasi dapat mengikuti class series ini. “DPkM memandang perlu class series ini karena e-commerce sudah saatnya dikenalkan lebih mendalam, karena produk hasil UMKM perlu dipasarkan untuk meningkatkan daya saing dan daya jangkau pemasaran,” terangnya saat memberikan sambutan dan arahan.
Kondisi perekonomian saat ini yang beragam menjadi tantangan bagi kita semua, begitu pula bagi para pelaku UMKM untuk meningkatkan daya saing pemasarannya. UMKM dapat mengatasi berbagai tantangan bisnis dalam pemasaran dan meningkatkan daya saing mereka di pasar yang semakin kompetitif dengan pemanfaatan teknologi yang tepat. Efisiensi bisnis bagi para pelaku UMKM ini dapat diwujudkan dengan memanfaatkan teknologi secara tepat, terutama menggunakan platform e-commerce. Kegiatan pelatihan dalam bentuk UMKM Class Series ini diselenggarakan oleh UGM melalui DPkM tentunya menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan dan membantu mendorong pertumbuhan ekonomi berkelanjutan bagi para pelaku UMKM, selain mendapatkan wawasan dan ilmu dari para narasumber, para peserta dapat langsung praktik bersama praktisi yang berkompeten di bidangnya.
Rangkaian UMKM Class Series#4 mengangkat tema Promosi dan Pemasaran UMKM melalui Platform e-Commerce, dengan menghadirkan narasumber Yudi Wahyudi, S.T. dan Danang Firnanda Putra dari Praktisi/PT. Cemerlang Kreatif Sentosa, serta dimoderasi menarik oleh Dzikri Rahadian Fudholi, S.Kom., M.Comp. (Fakultas MIPA UGM). Yudi Wahyudi menyampaikan materi terkait bagaimana memilih Paltform e-Commerce untuk Promosi dan Pemasaran Online UMKM, serta implikasinya. “Setiap platform e-commerce memiliki karakteristik, fitur, dan audiens yang berbeda, apabila tidak sesuai dengan produk dan target pasar dapat menghambat UMKM dalam memanfaatkan potensi pemasaran online secara maksimal,” jelasnya. Yudi juga menyampaikan bahwa, “Dampak digital marketing melalui e-commerce terhadap pemasaran produk UMKM membuat posisi strategis dalam mendukung peran pemerintah, melindungi aset ekonomi daerahnya khususnya UMKM agar mendapat akses pasar di DIY, Nasional dan Luar Negeri, seperti pada SiBakul MarketHub,” imbuhnya.
Danang Firnanda Putra menyampaikan materi yang kedua terkait bagaimana membuat dan mengunggah foto produk pada platform e-commerce dengan dengan baik. Danang menjelaskan kepada para peserta dari tahapan mengenal foto produk, unsur untuk menghasilkan foto produk yang menarik, fungsi dari foto produk, serta cara memotret dengan sederhana. Peserta sangat antusias menyimak penjelasan dari para narasumber dan tertarik mengikuti praktik singkat secara langsung. Hingga menjelang rangkaian acara ditutup, masih tampak beberapa peserta aktif untuk berdiskusi dengan para narasumber. Dr. Djarot Heru Santosa, M.Hum selaku Sekretaris Direktorat Pengabdian kepada Masyarakat, berkesempatan menutup secara resmi UMKM Class Series#4 dan berharap setelah agenda ini para peserta dapat mengimplementasikan ilmu yang didapat dan bermanfaat untuk meningkatkan pemasaran produk UMKM dengan target pasar yang lebih masif.
Tampak masih sangat bersemangat setelah selesai mengikuti UMKM Class Series#4, Fitri Widiyaningsih, dari UKM Onolicious menyampaikan kesannya, “Materinya menarik sekali ya, membuka pola pikir dan sangat bermanfaat untuk UMKM. Semoga ada acara selanjutnya dengan materi dan narsum yang lebih bermanfaat untuk pengembangan UMKM,” pungkasnya.
Penulis: Dn_Halimah, Foto: Humas_DPkM