Empat puluh lima peserta terpilih mengikuti UMKM Class Series#6 yang diselenggarakan oleh Direktorat Pengabdian kepada Masyarakat UGM (DPkM) berlangsung di Ruang Pertemuan Direktorat Pengabdian kepada Masyarakat, UGM (3/7). Dr. dr. Rustamaji, M.Kes selaku Direktur Pengabdian kepada Masyarakat UGM membuka acara dengan sambutan hangat dan memberikan apresiasi kepada para peserta pelaku UMKM, yang telah melalui kurasi dapat mengikuti class series ini. “UMKM ini diselenggarakan untuk memberikan literasi kepada para pelaku UMKM dalam memanfaatkan teknologi modern guna meningkatkan bisnis mereka,” terangnya saat memberikan sambutan dan arahan. Tema Menggaet Konsumen Melalui Growth Hacking, Aplikasi Mobile dan Facebook Ads ini diangkat pada class series ini untuk mendukung peningkatan konsumen dan penjualan, bagi pengembangan bisnis UMKM yang tentunya juga mendukung tujuan SDGs 8: pertumbuhan ekonomi inklusif dan berkelanjutan.
Acara ini membekali para pelaku UMKM dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mengadopsi dan memanfaatkan teknologi secara efektif. Dengan demikian, para pelaku UMKM dapat meningkatkan pertumbuhan pelanggan dalam strategi pemasarannya secara optimal. Tiga pembicara dihadirkan dalam acara ini, yang pertama yaitu Rizqie Indra Maulana, S.Kg (Chief Marketing Officer Berlima Digital), Deddy Effendy, S.T. CEO CV. Palem Craft Jogja) dan Adrian Leo Hadipradata, S.T. (CEO BerlimaDigital). Rizqie Indra Maulana menyampaikan sesi tentang Growth Hacking untuk Pertumbuhan UMKM. Materi yang disampaikan mencakup aspek-aspek untuk membantu UMKM dengan sumber daya dan anggaran yang terbatas dapat tumbuh cepat, mengatasi pesaing, serta memenangkan pasar.
Deddy Effendy menyampaikan materi terkait Jualan Online Berbasis Aplikasi Mobile. Sesi ini lebih fokus menyoroti pada analisis segmentasi agar usaha dapat lebih dikenal hingga tingkat global. Ia juga menyampaikan pentingnya aplikasi mobile di era digital saat ini dan bagaimana UMKM dapat memanfaatkan platform ini untuk meningkatkan penjualan dan keterlibatan pelanggan. Wawasan Deddy sangat berharga bagi peserta yang ingin memperluas pasar digital mereka. Adrian Leo Hadipradata, pemateri yang ketiga menyampaikan terkait Facebook Ads Mendulang Cuan dan Anti Boncos. Materi yang disampaikan mulai dari value creation dan positioning product, tools dalam mencari konten iklan, hingga variasi funnel marketing dalam beriklan.
Dr. Djarot Heru Santosa, M.Hum selaku Sekretaris Direktorat Pengabdian kepada Masyarakat, berkesempatan menutup secara resmi UMKM Class Series#6 dan berharap setelah agenda ini para peserta dapat mengimplementasikan ilmu yang didapat dari para narasumber dan semoga materi yang disampaikan dapat bermanfaat untuk mendukung peningkatan UMKM. Tampak masih sangat bersemangat setelah selesai mengikuti UMKM Class Series#6, Siti Aminarti dari UMKM hidroponik melon menyampaikan kesannya, “Materinya menarik sekali, terutama kami sangat tertarik pada bidang digital marketing, bersyukur sekali bisa mengkuti class series ini sehingga bisa menambah semangat kita para UMKM pemula ini agar lebih berkembang lagi. Acara seperti ini memang sangat bermanfaat untuk para pelaku UMKM.” pungkasnya.
Penulis/Editor: Dn Halimah, Foto: Humas_DPkM