SDG’s1#Tanpa Kemiskinan#no poverty, SDG’s 4#Pendidikan berkualitas#quality education, SDG’s8#mendorong pertumbuhan ekonomi inklusif dan berkelanjutan, kesempatan kerja produktif serta kerja layak untuk semua”
Lebih dari 35 peserta terpilih mengikuti sarasehan UMKM Series#5 “Perencanaan Pengembangan Bisnis untuk Menjadi Wirausaha Tangguh” di Direktorat Pengabdian kepada Masyarakat UGM (28/11). Kepala Subdirektorat Pemberdayaan Masyarakat, Amin Susiatmojo., S.Pt., M.Sc memberikan sambutan pengarahan kepada peserta, “Pelatihan ini diselenggarakan sebagai tindak lanjut dan merupakan rangkaian agenda UMKM series, yang bertujuan untuk menyiapkan pelaku bisnisa dalam penguatan perencanaan pengembangan bisnis bagi wirausaha muda”. Hal ini juga menjadi salah satu bukti nyata bahwa UGM mempunyai komitmen untuk berkontribusi menyiapkan para pemuda menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045. Amin juga berharap dari sarasehan ini peserta dapat menggali ilmu dan wawasan dengan semangat dan dimanfaatkan dengan baik,” sambutnya.
Jalannya talkshow dimoderatori secara menarik oleh Dr. Ir. Devi Yuni Susanti, S.T.P.,M.Sc yang mengantarkan para peserta menyimak dengan seksama narasumber memaparkan materi-materinya. Narasumber yang pertama yaitu Setyo Adi Pranowo, S.E.,M.M yang menyampaikan materi terkait peranan UMKM dan tantangan yang dihadapi wirausaha baru dalam perekonomian Indonesia “untuk bisa membuat usaha agar terus berlanjut dan berkembang, kita harus membuat perencanaan dengan baik, dan memperhatikan persaingan produk, akses pasar, akses permodalan, kebutuhan perizinan, digitalisasi, serta solusi keuangan dan transaksi,” terangnya.
Penyampaian Materi dan Diskusi Narasumeber dan Peserta Sarasehan UMKM Series#5
Pemaparan materi selanjutnya disampaikan oleh Paramita Rika Sari, CITF CDCS yang membangun wawasan para peserta dalam mengembangkan bisnis para pelaku UMKM agar menuju go eksport, “BNI menyediakan pelayanan bagi pelaku UMKM untuk dapat melakukan ekspor melalui program one stop solution hub BNI Xpora.” Pemaparan materi yang terakhir disampaikan oleh Adrian Leo Hadipradata, S.T, terkait bagaimana merencanakan dan memulai bisnis yang berkelanjutan, “Digital Marketing itu salah satu intinya dapat meyakinkan para konsumen tertarik dengan apa yang kita pasarkan dengan baik, memahami apa kelebihan produk kita daripada yang lain” terangya, selain itu Adrian juga membagikan tips dan trik untuk membangun brand serta membuat visi dan misi dalam mengembangkan bisnis yang berkelanjutan, pungkasnya.
Foto Bersama
(Humas DPkM_DnH)