Direktorat Pengabdian kepada Masyarakat (DPKM) UGM kembali menggelar kegiatan pelatihan strategi penguatan UMKM berbasis ICT. Kegiatan ini diselenggarakan pada Rabu tanggal 24 Agustus 2016 bertempat di Direktorat Sistem dan Sumber Daya Informasi (DSSDI) UGM. Dalam kesempatan ini, Prof. Irfan Dwija Prijambada selaku Direktur DPKM UGM mengungkapkan kegiatan ini bertujuan untuk memberi bekal keterampilan teknis bagi para pelaku UMKM yang mnenjadi mitra binaan DPKM UGM melalui strategi pemasaran berbasis ICT agar produk mereka mampu bersaing dengan pasar yang lebih luas.
Lebih lanjut dikatakan dengan membanjirnya produk pasar global, terutama dalam era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) menjadi tantangan sekaligus peluang yang harus disikapi secara proporsional dan profesional. Pada saat ini, kegiatan pemasaran UMKM masih dilakukan secara parsial dan belum terintegrasi dengan sistem ICT. Kondisi ini menyebabkan produk UMKM belum bisa terakses pasar secara luas.
Beberapa model kegiatan ICT yang harus dilakukan oleh para pelaku UMKM adalah mempersiapkan keterampilan teknis bagaimana cara dan langkah agar produk UMKM tersebut dapat diketahui oleh pasar secara cepat dan mudah tanpa ada pembatas ruang dan waktu, tandas Prof. Irfan.
Pelatihan diikuti oleh 31 orang pelaku UMKM yang bergerak dalam bidang makanan, fashion, jasa, kerajinan dan asesoris. Menu dalam pelatihan ini dikemas lebih praktis untuk diterapkan dalam kegiatan pemasaran produk UMKM, sehingga pada akhirnya peserta mampu menerapkannya dalam proses transaksi melalui media marketplace e-commerce.
Dalam kegiatan pelatihan ini setiap peserta diwajibkan membawa produk UMKM sesuai dengan bidang masing-masing. Peserta akan mendapatkan materi tentang dasar-dasar pengabilan gambar (teknik fotografi), penyajian gambar produk dalam website serta pengenalan peluang pasar e-commerce. Materi strategi pemasaran melalui teknik pengambilan gambar produk UMKM dengan disertai praktik dan pendampingan bagaimana cara pengambilan gambar produk secara langsung disampaikan oleh Hibatul Haqqi yang merupakan mahasiswa pendamping UMKM UGM. Pada sessi ini peserta dikelompokkan dalam 5 kelompok sesuai dengan bidang masing-masing UMKM. Pada sesi kedua dan ketiga dilanjutkan dengan materi manajemen marketplace untuk produk UMKM dan pembuatan akun serta pengunggahan foto produk UMKM di marketplace dengan menghadirkan narasumber M. Zudha Ghofur dari DSSDI UGM. Menu terakhir yang disajikan dalam pelatihan ini adalah praktik pengguggahan foto produk UMKM di laman bukalapak.com oleh para peserta yang didampingi tim LO mahasiswa. **