Pertumbuhan UMKM memerlukan dukungan berbagai aspek, dari aspek regulasi, kebijakan,keuangan, kapasitas sumber daya manusia dan teknologi. Menyongsong diberlakukannya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) produk dan jasa baik dari dalam negeri dan luar neger dapat dengan mudah berkompetsisi di pasar bebas. Untuk mempertahankan eksistensi produk UMKM dan menjadikan era MEA sebagai Peluang selain juga dapat sebagai Ancaman, penguatan kapasitas UMKM melalui Digital UMKM merupakan suatu salah satu strategi penguatan UMKM untuk dapat menembus dan bersaing dengan produk dari luar negeri.
Untuk memberikan wawasan, pengetahuan dan praktek mengenai pentingnya penerapan teknologi ICT di dalam meningkatkan kapasitas pelaku UMKM, mengenali kekuatan produk, memasarkan mengembangkan jejaring, LPPM mengadakan pelatihan penerapan dan pemanfaatan ICT dalam mendukung Digital UMKM. Digital UMKM adalah suatu upaya menerapkan ICT sebagai strategi dalam pengembangan produk, proses bisnis, services dan pengelolaan sumber daya informasi Usaha Mikro Kecil Menengah.
Pelatihan telah dilaksanakan di Direktorat sistem Sumber Daya Informasi UGM Yogyakarta, Kamis 29 Oktober 2015, dengan dibuka oleh Direktur Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM UGM Prof Irfan D. Prijambada. Pelatihan ini diikuti oleh sebanyak 28 mitra UMKM binaan LPPM UGM, yang bergerak di berbagai bidang usaha, seperti kerajinan, batik, tas, sandal, kuliner, seperti jus buah, permen gula asam, yoghurt, dan lain-lain. Lokasi asal mitra UMKM tersebut juga tersebar di seluruh wilayah DIY meliputi Kabupaten Sleman, Gunungkidul, Bantul dan Kulonprogo.
Pada sesi pertama, materi diberikan oleh Penggiat Digital UMKM dari Jogja Medianet, dengan memberikan informasi pengembangan penggunaan ICT di bidang UMKM, yang dilanjutkan dengan mengenali kekuatan produk masing-masing UMKM dan pembuatan foto produk sebagai upya Penyeberaluasan Produk dengan Smartphone dan Kamera digital.
Pada sesi berikutnya, materi pelatihan berisi langkah-langkah Pembuatan Email yang bertujuan agar Mitra UMKM dapat membuat dan menggunakan email di dalam mendukung pemasaran UMKM dan berkomunikasi secara cepat, dan pengenalan Media Sosial Facebook dan blogspot dalam mempromosikan dan memasarkan produk UMKM agar dapat dikenal oleh masyarakat secara lebih luas.
Pelatihan ini mendapat apresiasi dari peserta mengingat sebagaian besar mitra UMKM belum memanfaatkan dan belum menggunakan ICT di dalam meningkatkan potensi pasar UMKM mereka.