Berbagai kegiatan yang termasuk aspek kehidupan telah menggunakan teknologi di era revolusi industry 4.0, demikian juga dengan sektor UMKM yang memanfaatkan e-service sebagai upaya percepatan peningkatan ekonomi
Pengabdian masyarakat merupakan salah satu pilar Tri Dharma Perguruan Tinggi. Statuta UGM yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah nomor 67 tahun 2013 mengemukakan bahwa UGM mempunyai visi sebagai pelopor perguruan tinggi nasional berkelas dunia yang unggul dan inovatif, mengabdi kepada kepentingan bangsa dan kemanusiaan dijiwai nilai-nilai budaya bangsa berdasarkan Pancasila. Visi UGM tersebut dilaksanakan salah satunya melalui pengabdian kepada masyarakat.
Upaya peningkatan kapasistas masyarakat dilakukan oleh DPKM terutama di era revolusi industry 4.0 melalui serangkaian kerja sama salah satunya Sinergi Kemitraan UMKM menuju Usaha Kecil yang Tangguh dan Berdaya Saing. Selain itu ditunjang pula dengan teknologi, DPKM pada 2019 ini telah meluncurkan SIMENUG : e-Service UMKM berbasis Android. Nama SIMENUG merupakan akronim dari Sistem Informasi dan Manajemen Usaha Mikro Kecil dan Menengah.
Peluncuran SIMENUG diselenggarakan pada Focus Group Discussion Penyusunan dan integrasi sistem layanan UMKM berbasis on-line pada hari Rabu tanggal 5 September 2018. Layanan berbasis internet SIMENUG merupakan wujud Pengabdian kepada Masyarakat dari UGM yang merupakan bagian tidak terpisah dari Dharma Pendidikan dan Penelitian. Tujuan dari pelayanan berbasis internet adalah turut serta dalam menciptakan kemandirian usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).
Latar belakang pembuatan SIMENUG ialah hasil berbagai kajian, kegiatan pelayanan, pembinaan dan pendampingan terhadap permasalahan yang dihadapi oleh UMKM yang dilakukan Direktorat Pengabdian kepada Masyarakat (DPKM) menunjukkan beberapa permasalaham UMKM yakni, (1) kurangnya inovasi dalam pengembangan dan mutu produk, (2) kurang tersedianya permodalan yang mendukung terhadap keberlanjutan usaha, serta (3) belum terjangkaunya akses pemasaran baik secara konvensional maupun on-line. Sebagai tambahan, dewasa ini layanan on line diminati banyak pihak, sehingga penggunaan aplikasi ini dapat diakses secara mudah oleh segenap masyarakat yang bergerak di bidang UMKM. Utamanya masyarakat telah familier dengan perangkat telepon pintar, terutama berbasis android
SIMENUG didedikasikan untuk memberikan pendampingan bagi tumbuh dan kembangnya UMKM yang menjadi mitra atau bekerja sama dan berafiliasi dengan Universitas Gadjah Mada. Melalui aplikasi SIMENUG dengan sinergi penta-helix yang meliputi, perguruan tinggi, pemerintah, perbankan, pebisnis, dan masyarakat diharapkan akan mempercepat tercapainya fungsi pelayanan. Bagi pelaku UMKM yang menggunakan aplikasi SIMENUG akan mendapatkan berbagai wawasan, pengetahuan, jejaring, dan juga layanan interaksi penyelesaian terhadap permasalahan yang dihadapi sehari-hari, dan dapat diakses dengan mudah melalui Personal Computer seperti laptop maupun gadget Android.
Manfaat SIMENUG ini adalah (1) Meningkatnya produktivitas dan kesejahteraan bagi para pelaku UMKM, (2) Meningkatnya wawasan, pengetahuan, keterampilan para pelaku UMKM dalam pengelolaan proses produksi dan tata niaga usaha serta meningkatnya nilai daya saing produk UMKM, (3) Terbangunnya jejaring dan sinergi kemitraan antara para pelaku UMKM, pemerintah, perbankan, pasar, sosial komunitas, dan perguruan tinggi, (4) Menurunnya resiko kegagalan dalam pengelolaan proses produksi dan kesempatan berusaha bagi para pelaku UMKM, (5) Tersusunnya road map pengembangan dan pengelolaan UMKM yang memiliki daya saing di pasar global.
DPKM UGM Meluncurkan SIMENUG : e-Service UMKM Berbasis Android dihadiri Dinas Koperasi dan UMKM Daerah istimewa Yogyakarta, Dinas Perindustrian dan Perdagangan daerah Istimewa Yogyakarta, Dewan Koperasi Indonesia Daerah istimewa Yogyakarta, Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Sleman, BNI, Mirota Kampus, perwakilan BUMDes dan Desa, para pelaku UMKM Binaan UGM serta Ddirektorat PUI, DSSDI dan Dosen UGM. (Sumber: pengabdian.ugm.ac.id)
Pelaku UMKM, petani, peternak, dari berbagai daerah diharapkan dapat bertukar informasi, potensi, maupun permasalahan dengan cara yang lebih mudah melalui perangkat telepon pintar yang dimiliki sehar-hari. SIMENUG diharapkan bisa memperbaiki/ menjawab tantangan revolusi industri 4.0, juga secara khusus dapat menjadi salah satu alat untuk mewujudkan “one stop service in developing SME as dynamic and sustainable enterprise by UGM“. Yakni 1) seluruh UMKM binaan UGM dapat saling bertransaksi, 2) berperan sebagai dorongan tambahan pemasaran domestik dan pasar ekspor. Kedepannya aplikasi SIMENUG dapat emnjadi alat ukur, analisis dampak, serta rekam jejak kinerja UMKM.