gowes

UGM dan BNI Komitmen Kembangkan Desa Ekowisata Berkelanjutan

gowesUGM dan BNI yang didukung oleh Pemerintah Kabupaten Bantul telah sepakat untuk mengembangkan potensi wisata berbasis lingkungan berkelanjutan di  Bantul. Komitmen tersebut dilaksanakan melalui penyerahan tanaman buah kepada Kepala Desa Karangtengah, Kepala  Desa Girirejo dan Kepala Desa Mangunan. Acara tersebut dilaksanakan pada hari Sabtu, 6 Juli 2015 di Balai Desa Karangtengah Imogiri Bantul yang juga sebagai peringatan Hari Lingkungan Sedunia 5 Juni.

Rangkaian Acara Komitmen Bersama ini dimulai dengan acara Gowes to Imogiri – UGM bersama BNI yang diikuti oleh Civitas Akademika UGM dan Pejabat BNI dengan jumlah peserta 200 orang. Start gowes dilaksanakan di Balairung kantor Pusat UGM yang dilepas oleh Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia dan Aset, Prof. Dr. Ir. Budi Santoso Wignyosukarto, Dip.HE. Gowes menuju Balai Desa Karangtengah menempuh jarak 23 km. Gowes ini merupakan salah satu cara sehat menikmati desa ekowisata berkelanjutan Karangtengah.

Peringatan Hari Lingkungan Sedunia dan Komitmen bersama Pengembangan Desa Ekowisata berkelanjutan ini ditandai dengan penyerahan bibit pohon kepada perwakilan masyarakat oleh Wakil Rektor UGM Bidang SDM Prof Dr. Ir. Budi Santoso Wignyosukarto, Dip.HE, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Bappeda, Dr. Drs. Suyoto, HS, M.Si., MMA., Pimpinan Divisi Jaringan dan Layanan BNI Iwan Abdi, CEO BNI Wilayah Semarang Tambok P Setyawati. Kegiatan ini merupakan bentuk komitmen BNI untuk mewujudkan visi dan misi BNI sebagai Bank GoGreen dalam program pelestarian lingkungan, serta peran aktif dalam meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat dalam konservasi lingkungan di Yogyakarta. BNI juga menyampaikan dukungannnya kepada komunitas pemerhati dan pelestari lingkungan dengan menyampaikan produk dan layanan BNI yang dapat dimanfaatkan secara optimal.

Acara ini juga menghadirkan  expo produk lokal Karangtengah yang meliputi produk olahan dan kuliner setempat antara lain criping pisang, bakpia, kue kering, keris, batik, kerajinan bubut kayu dan lain-lain.

(Regional Center of Expertise UGM, rce@ugm.ac.id)

Posted in yanmas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>